Selamat datang di Portal Internsip Dokter Indonesia  

Daftar Berita KIDI Propinsi

Profil Wahana: Puskesmas Kedondong Ketapang

Jakarta, 01-02-2017 [03:00]

Nama wahana                                                   : Puskesmas Kedondong

Alamat                                                                  : Jl. H.  Murni no 27, Kel. Tengah, Kec. Delta

                                                                                 Pawan, Kab. Ketapang, Kalbar 78812

Telp                                                                       : (0534) 3036817

Nama pimpinan                                                : Wahyudi, SKM (2017)

Jumlah kunjungan                                             70 – 150 kunjungan

    Komitmen Wahana

Dokter internsip dilibatkan dalam pelayanan dan program-program puskesmas baik UKP maupun UKM serta Lokmin bulanan maupun Lokmin lintas sektoral. Dokter Internsip dilibatkan dan dievaluasi dengan portofolio kasus UKM program wajib (Promkes, Kesling, Gizi, P2M, Pelayanan dan KIA) serta program tambahan  sehingga terbiasa dengan masalah-masalah UKP dan UKM di Puskesmas dari cara melihat, mencari data, analisa, perencanaan, membuat poa, pelaksanaan dan evaluasi.

Fasilitas Internsip                                           

Dokter Internsip mendapat bantuan Internsip (Keputusan Bupati) 2jt/bl sedangkan fasilitas lain (akomodasi dan transportasi) tidak ada berhubung rumah dinas dokter rusak. Lokasi RSUD dan Puskesmas Kedondong masih di dalam kota. Jarak antara RSUD dr Agoesdjam dan Puskesmas Kedondong hanya 3 km (10menit).

RSUD Deli Serdang Lubuk Pakam

Jakarta, 01-02-2017 [02:00]

Nama Wahana                              : RSUD Deli Serdang Kab. Lubuk Pakam

Alamat RS                                     : Jln. Thamrin No.1 Lubuk Pakam, Kab. Deli Serdang,     Sumatera Utara

Dokter Pendamping                       : dr. Joni Sabungan Silalahi

Nomor HP                                     : 087766332984/ 087763819566

Perjalanan menuju lokasi

Perjalanan menuju wahana dari kota Medan menuju Kecamatan Lubuk Pakam dengan jarak ± 30 km dan bisa ditempuh dalam waktu ± 1 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum, dengan biaya Rp 20.000 (pulang-balik). Infrastruktur jalan sudah memadai dengan kondisi jalan beraspal padat.

Profil Rumah Sakit

UPT RSUD Deli Serdang merupakan salah satu tempat wahana dokter internsip untuk berpraktik  yang berlokasi di Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang. Rumah Sakit Umum Daerah Deli Serdang mempunyai wilayah kerja efektif di 14 Kecamatan dari 22 Kecamatan yang ada di Kabupaten Deli Serdang, dengan jumlah penduduk sekitar 1.700.000 jiwa.

RSUD Deli Serdang merupakan rumah sakit Pusat Rujukan Pelayanan, dengan status  tipe B Non Pendidikan dan telah terakreditasi penuh 16 pelayanan sejak tahun 2011, yang dilengkapi dengan fasilitas medis berupa, Instalasi Gawat Darurat (IGD), Rawat Inap Intensif / Intensive Care Unit (ICU, NICU, dan PICU), Instalasi Bedah Central (IBS) / Central Operation Teatre (COT), Instalasi Rawat Inap, Instalasi Rawat Jalan, Instalasi Radiologi, Instalasi Patologi Klinik dan Patologi Anatomi (Laboratorium), Instalasi Farmasi / Apotik, Instalasi Gizi, Unit Transfusi Darah (UTD-RS), Instalasi Pengolah Limbah Medis, serta fasilitas pelayanan umum dan sarana prasarana kesehatan lainnya.

RSUD Deli Serdang memiliki 16 jenis tenaga dokter spesialistik yang setiap harinya bertugas di poliklinik. Jumlah kunjungan pasien IGD antara 40-60 pasien dalam 24 jam. Poliklinik memiliki jumlah kunjungan 100-150 orang.

Komitmen Wahana

Dokter internsip diusahakan aktif dalam kegiatan rumah sakit, baik kegiatan formal (jaga igd/poliklinik) dan non formal (seperti pertemuan ilmiah/rapat komite medik). Sebagai bagian pemantapan ilmu, dokter internsip diikutkan dalam jaga di triage/IGD dan di poliklinik spesialis, namun tetap dibawah pantauan pendamping/ dokter jaga pada saat itu. Evaluasi juga tetap diberikan pada dokter internsip yang bertugas.

Fasilitas Wahana

Wahana rumah sakit tidak memberikan fasilitas berupa rumah dinas, namun apabila dokter internsip berjaga, disediakan tempat untuk istirahat. Akomodasi dan transportasi ditanggung oleh dokter internsip yang berpraktik.

Profil Wahana: RSUD Praya Lombok Tengah

Jakarta, 01-02-2017 [02:00]

Nama Rumah Sakit                                           : RSUD Praya

Alamat Rumah Sakit                                         : Jl.H.L Hasyim Praya

Nomor Telepon Rumah Sakit                          : (0370) 6635050

Direktur Rumah Sakti                                       : dr.Muzakir Langkir

Dokter Pendamping                                         : 1. dr.H.Basirun,MMRS

                                                                              2. dr.Ramdlani Yuliarti Abbas

PERJALANAN MENUJU LOKASI

Perjalanan dari Pelabuhan Lembar lombok Barat  menuju Kota Praya Lombok Tengah bisa ditempuh selama ± 1 jam menggunakan travel atau sewa. Biaya travel Rp.100.000 (sekali jalan). Perjalanan juga bisa ditempuh dengan Taxi atau angkutan umum lainnya, namun apabila perjalanan dimulai dari Bandara Internasional Lombok yang merupakan kawasan lombok tengah, perjalanan bisa ditempuh selama ± 15 Menit menggunakan Taxi atau jasa travel. Infrastruktur jalan dari Bandara Internasional Lombok menuju RSUD Praya sudah baik.

KOMITMEN WAHANA

Dokter internsip selalu diusahakan untuk terlibat dalam program kegiatan yang diadakan oleh Rumah Sakit baik dalam kegiatan pelayanan perawatan pemeriksaan maupun dalam pelayanan penyuluhan Kesehatan. Kegiatan penyuluhan pelayanan kesehatan dilakukan di dalam ruang lingkup rumah sakit yang ditujukan bagi para pengunjung Rumah Sakit guna memberikan wawasan dan informasi seputar dunia kesehatan. Dalam pelayanan penyuluhan kesehatan yang dilakukan, masing-masing dari para dokter intrensip telah buatkan jadwal pelayanan penyuluhan kesehatan yang dimana kegiatan penyuluhan tersebut dilakukan satu kali dalam seminggu secara bergiliran dengan tema yang berbeda-beda.

FASILITAS WAHANA

Tidak ada fasilitas rumah dinas maupun mobil dinas yang disediakan oleh pihak rumah sakit bagi para dokter internsip. Akomodasi dan Transportasi ditanggung secara pribadi oleh masing–masing dokter internsip selama mereka berpraktik di RSUD Praya, namun dari pihak Rumah Sakit akan menanggung biaya transportasi di akhir masa kerja bagi para dokter internsip sebesar Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah).

Profil Wahana: RSUD Sultan Sulaiman Serdang Bedagai

Jakarta, 01-02-2017 [01:00]

Nama Rumah Sakit          : Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Sulaiman

Alamat Rumah Sakit        : Jl. Negara Km. 58 No. 315 Kec. Sei Rampah Kab. Serdang Bedagai

                                                  Prov. Sumatera Utara

Dokter Pendamping       : 1. dr. Pipin Andriyani ( 081370761841 )

                                                  2. dr. Saidi Maghfur Ginting ( 081370024756 )

 

PERJALANAN MENUJU LOKASI

Perjalanan dari kota Medan menuju RSUD Sultan Sulaiman bisa ditempuh selama 1 - 1,5 jam menggunakan angkutan umum. Biaya angkutan umum (Rajawali, Shandra Frima, Dirgantara, dll) sebesar Rp. 10.000,-  - Rp. 15.000,- . Infrastruktur jalan dari kota Medan menuju rumah sakit cukup baik, sudah beraspal, dan merupakan jalur lintas Sumatera.

PROFIL RUMAH SAKIT

Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Sulaiman merupakan Rumah Sakit yang menjadi wahana bagi para Dokter Internsip untuk berpraktik, yang berlokasi di Kecamatan Sei Rampah, Kab. Serdang Bedagai. Rumah Sakit Umum Daerah Sulatan Sulaiman saat ini dipimpin oleh dr. Nanda Satria. Beberapa fasilitas yang dimiliki oleh RSUD Sultan Sulaiman antara lain : Pelayanan Rawat Jalan Poliklinik Terpadu, Pelayanan Rawat Inap, Pelayanan Gawat Darurat (24 Jam), Pelayanan Bedah Sentral (Ruang Operasi), Pelayanan Khusus (ICU, Klinik VCT, Unit DOTS, dll), Pelayanan Penunjang Medis (Farmasi, Radiologi, Laboratorium, dll), dan Pelayanan Umum (Parkir, Mushola, Ambulance). Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Sulaiman merupakan Rumah Sakit Tipe C dan sudah memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sejak Tahun 2008. Jumlah kunjungan Poliklinik dan IGD setiap harinya cukup bervariasi antara 50 – 60 kunjungan.

KOMITMEN WAHANA

Dokter Internsip selalu diusahakan untuk terlibat langsung dalam program kegiatan Rumah Sakit, baik kegiatan langsung yang berhubungan dengan pelayanan pasien di IGD dan Rawat Inap maupun kegiatan  yang berada di luar Rumah Sakit, seperti : bakti sosial, donor darah, dll.

Dokter pendamping yang ditunjuk selalu berusaha memberikan pendampingan sesuai dengan kewajiban pendamping dalam pelaksanaan progran Internsip di RSUD Sultan Sulaiman.

FASILITAS WAHANA

Tidak ada fasilitas rumah dinas maupun mobil dinas bagi para dokter internship. Akomodasi dan transportasi ditanggung secara pribadi oleh masing – masing dokter intership yang berpraktik di wahana RSUD Sultan Sulaiman. 

Profil Wahana: RSUD Aek Kanopan Labuhanbatu Utara

Jakarta, 01-02-2017 [00:00]

Nama Rumah Sakit     : Rumah Sakit Umum Daerah Aek Kanopan

Alamat Rumah Sakit   : Jl. Jendral Sudirman no.25 Aek kanopan, Kab. Labuhanbatu Utara

Dokter Pendamping    : 1. dr. Juliana Pasaribu

                                      2. dr. Sumihar Marida Butar-butar

No Telepon                 : 081361721344

                                      082276143777

Perjalanan Menuju Lokasi

Perjalanan dari Kota Medan menuju Kota Aek Kanopan kabupaten Labuhanbatu Utara dapat ditempuh selama 4-5 jam dengan menggunakan kereta api dari Kota Medan sampai di Stasiun Mambang Muda dengan biaya Rp.125.000 untuk Bisnis dan Rp.150.000 untuk Executive (Sekali Jalan) dan di lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 10 Menit atau menggunakan kendaraan seperti Becak Motor yang ada di depan stasiun, perjalanan juga bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum Bus dari Kota Medan menuju terminal Aek Kanopan kemudian berjalan kaki sekitar kurang lebih 400 meter menuju Rumah Sakit Umum Daerah Aek Kanopan. Biaya bus Non AC Medan-Aek Kanopan Rp.55.000 dan Bus AC Rp.75.000, Insfrastruktur jalan dari medan menuju Kabupaten Labuhanbatu Utara cukup baik dan beraspal seluruhnya.

Profil Rumah Sakit

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aek Kanopan merupakan pengembangan dari Rumah Sakit Persiapan Aek Kanopan yang merupakan Puskesmas Kota di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Rumah sakit Umum Daerah Aek Kanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara saat ini dipimpin oleh dr. Tengku Mestika Mayang. Beberapa fasilitas yang di miliki oleh RSUD Aek Kanopan antara lain, Unit Gawat Darurat, Poli Gigi, Poli Penyakit Dalam, Poli Anak, Poli Bedah, Poli Obgyn, Poli Paru, Ruang VK, Fisioterapi, Radiologi, Endoscopy, Laboratorium, Apotik, dan Pelayanan Rawat Inap yang terdiri dari Ruang Rawat Kelas I, Ruang Rawat Kelas II, Ruang Rawat Kelas III, Ruang Rawat Anak Kelas I, Ruang Rawat Anak Kelas II, Ruang Rawat Anak Kelas III, Ruang Isolasi, Ruang ICU, dan Ruang NICU. RSUD Aek Kanopan juga telah memiliki Ruang Operasi yang mulai beroprasi pada tahun 2016.

Komitmen Wahana

Dokter internsip yang bertugas di RSUD Aek Kanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara selalu mengikuti segala aturan wahana yang telah ditetapkan. Dokter internsip di UGD RSUD mengikuti shift dinas yang telah ditentukan dan hadir tepat waktu. Dokter internsip yang berada di ruangan diwajibkan membuat laporan kasus dan mempresentasikannya didepan teman sejawat lainnya, visite pasien ruangan, dan hadir tepat waktu. Dokter internsip juga ikut berpastisipasi dalam kegiatan positif yang dilakukan di dalam maupun di luar rumah sakit. dokter pendamping yang ditunjuk juga cukup baik dalam memberikan pendampingan serta mengevaluasi tugas yang diberikan.

Fasilitas wahana

Tidak ada fasilitas rumah dinas maupun mobil dinas bagi para dokter intersip. Akomodasi dan transportasi ditanggung secara pribadi oleh masing-masing dokter intersip yang berpraktik di wahana Rumah sakit Umum Daerah Aek Kanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Profil Wahana: Puskesmas Sungai Durian Kubu Raya

Jakarta, 25-01-2017 [00:00]

Nama Puskesmas        : Puskesmas Sungai Durian

Alamat Puskesmas      : Jln. Adi Sucipto Km. 16,1 Ds. Limbung, Kec. Sungai Raya

Pendamping                : dr. Yudi Paulian Heriwibowo

No. Hp.                       : +628125610118

1. PERJALANAN MENUJU PUSKESMAS

Puskesmas Sungai Durian berada di Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, merupakan salah satu pintu gerbang memasuki Kota Pontianak ibukota  Propinsi Kalimantan Barat dikarenakan merupakan lokasi beradanya Bandar Udara Supadio. Sedangkan perjalanan dari  Kota Pontianak dapat ditempuh menggunakan kendaraan selama ± 30 menit menggunakan kedaraan sewaan atau pribadi.

2. PROFIL PUSKESMAS

Puskesmas Sungai Durian adalah  puskesmas yang menjadi wahana bagi para Dokter Internship untuk berpraktik,  merupakan salah satu dari 4 Puskesmas Induk yang berada di Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya yang memiliki 8 desa binaan dimana membawahi 5 Puskemas Pembantu dan 9 Pos Kesehatan Desa.

3. KOMITMEN WAHANA

Dokter Internship akan selalu dilibatkan dalam program kegiatan Puskesmas, baik di dalam gedung maupun di luar gedung.

4. FASILITAS WAHANA


Tidak ada fasilitas rumah dinas maupun mobil dinas bagi para dokter internship.