Selamat datang di Portal Internsip Dokter Indonesia  

Daftar Berita KIDI Pusat


Daftar Berita KIDI Propinsi

Bakti Sosial Buloh Seuma Dokter Internship Aceh Selatan

Jakarta, 11-05-2015 [ 11:00 ]

[Aceh Selatan] Melalui Program Dokter Internship yang dicanangkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pemerintah berharap seluruh lulusan dokter yang telah lulus uji kompetensi yang tersebar diseluruh Indonesia mampu memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat diseluruh pelosok negeri secara profesional. Program ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan dokter disetiap daerah dan meningkatkan pelayanan yang telah ada, mulai dari tingkat Puskesmas hingga Rumah Sakit.

Setelah melakukan pengabdian selama satu periode (21 April 2014 – 21 April 2015) di wahana Aceh Selatan, dan melihat data kunjungan masyarakat di pusat instansi kesehatan, tampak minimnya jumlah kunjungan dari daerah pedalaman. Hal ini disebabkan oleh tantangan geografis Aceh Selatan yang dikelilingi gunung dan laut serta transportasi yang sangat minim untuk mencapai pusat pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, dokter internship wahana Aceh Selatan berinisiatif terjun langsung kedaerah paling terpencil di Kabupaten Aceh Selatan untuk melakukan aksi kemanusiaan dalam bentuk bakti sosial.

Setelah melakukan survey, kami para Dokter Internship Aceh Selatan (DIAS) memilih daerah Kemukiman Buloh Seuma, Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh sebagai lokasi aksi kemanusiaan. Kemukiman ini tergolong daerah sangat-sangat terpencil dengan jarak ± 128 km melewati 2 rakit dan waktu tempuh ± 4 jam menuju Rumah Sakit daerah setempat.

Inisiatif DIAS dalam merealisasikan bakti sosial di daerah tersebut disambut baik oleh berbagai pihak, mulai dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Aceh Selatan, Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Selatan melalui Dinas Kesehatan, Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Selatan, hingga beberapa pihak seperti BLUD-RSUD dr. H. Yuliddin Away – Tapaktuan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tapaktuan, PT. Bank Aceh Cabang Tapaktuan, Bank Aceh Syariah Cabang Tapaktuan, serta pihak lainnya.

Hari pertama Sabtu (11/4), acara bakti sosial ini diawali dengan laporan oleh Ketua Panitia Pelaksana dr. Fenni Henrizal, dilanjutkan kata sambutan dari Ketua IDI Aceh Selatan dr. Erizaldi, Sp.OG., Kepala Kemukiman Buloh Seuma, Camat Trumon Emmifizal, SP., dan dibuka secara resmi oleh Bupati Aceh Selatan Bapak H. T. Sama Indra, SH., di Mesjid Desa Kuta Padang, Buloh Seuma. Acara dilanjutkan dengan pengobatan massal 7 bidang spesialistik di Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Kuta Padang, Penyuluhan ke sekolah – sekolah, dan acara makan bersama Muspida, Muspika, dokter spesialis, dokter umum, tim medis dan tamu undangan dengan warga masyarakat Buloh Seuma.

Hari kedua Minggu (12/4), acara pengobatan massal dilanjutkan oleh dokter intership di Desa Kuta Padang hingga Home Visite di dua desa lainnya, sunatan massal, serta penyerahan sumbangan berupa sembako, pakaian, dan perlengkapan sekolah. Acara ditutup dalam agenda ramah tamah antara dokter intership dengan seluruh warga di Mesjid Desa Kuta Padang.

Setelah dilakukan pengobatan selama dua hari, didapatkan data kunjungan lebih dari 400 pasien. Aksi kemanusiaan ini merupakan kali pertama 7 bidang spesialistik RSUD dr. H. Yuliddin Away dapat dihadirkan ke Kemukiman Buloh Seuma. Dokter internship selaku panitia pelaksana bakti sosial mengharapkan acara ini menjadi salah satu sarana untuk memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal pada masyarakat di daerah terpencil dan menjadi contoh dikemudian hari.

Salam Panitia Pelaksana; dr. Fenni Henrizal, dr. M. Ali Arshaddin, dr. Teuku Ona Arief, dr. Rahyuni Devilia Nova, dr. Nurul Akhrima, dr. Kartika Agustina, dr. Ismi Fauzia, dr. Wulandary Sutrisno, dr. Nanda Subhan, dr. Anni Rahmawati, dr. Nicky Thania, dr. Safriani Yovita, dr. Agustiyan N, dr. Hirli Septiana Sari, dr. Asti Yuliadha, dan dr. Rini Bintaria.