Selamat datang di Portal Internsip Dokter Indonesia  

Daftar Berita KIDI Propinsi

Dokter Internship Disarankan Ada Sistem Penghargaan

Jakarta, 29-03-2014 [ 00:00 ]

Mahasiswa kedokteran membutuhkan kemandirian saat terjun ke masyarakat. Hal ini disebabkan meningkatnya kesadaran masyarakat, sehingga banyak pasien yang tidak mau lagi ditangani mahasiswa kedokteran.

Hal itu disampaikan Ketua Konsil Kedokteran Indonesia Menaldi Rasmin saat berbicara dalam rapat dengar pendapat (RDP) di Komisi IX DPR RI, Senin (24/6).

"Mahasiswa kedokteran tidak bebas lagi bergerak. Mahasiswa butuh kemandirian," kata Menaldi.

 

Padahal di banyak daerah, banyak yang meminta ditambah mahasiswa yang menjalankan program internship kedokteran. "Kendalanya adalah bantuan biaya hidup dan honor pendamping kurang memenuhi syarat," tambahnya.

Padahal, kata Menaldi, program internship adalah standar internasional.

Untuk memberikan solusi terhadap persoalan internship kedokteran, Menaldi menyarankan adanya sistem penghargaan bagi dokter pendamping dan para dokter yang telah menyelesaikan internship.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi IX dari Fraksi Partai Demokrat Nova Riyanti Yusuf menyampaikan banyak pihak menyampaikan keluhan terkait Program Internship Dokter Indonesia (PIDI) yang digagas Kementerian Kesehatan.

"Keluhan itu disampaikan pada saat rapat dengar pendapat yang digelar Selasa, 19 Maret 2013," katanya.

Dia mengatakan dalam rapat Selasa (19/3) turut hadir Kepala Badan PPSDM Kemkes, Ketua Asosiasi Institut Pendidikan Kedokteran Indonesia, Ketum IDI, Ketua Konsil Kedokteran Indonesia, Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Swasta Indonesia, Dekan FK Universitas Trisakti, serta beberapa perwakilan mahasiswa kedokteran.

"Para narasumber dalam rapat itu banyak menyampaikan keluhan penyelenggaraan PIDI, terutama dari perwakilan mahasiswa kedokteran," tukasnya.

Keluhan yang dilontarkan antara lain mengenai bantuan hidup yang tidak layak, tidak adanya tunjangan kesehatan, masa bakti yang dirasakan terlalu lama, standarisasi silabus, hak cuti dokter internship, hubungan kerja, batasan wewenang, deskripsi peran dokter internship, hak dan kewajiban dokter internship, penyesuaian bantuan hidup, dan pusat informasi bagi dokter internship.

Program PIDI merupakan gagasan Kementerian Kesehatan yang diberikan kepada para mahasiswa kedokteran.

Program itu diberikan sebagai upaya pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta dengan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka meningkatkan kemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan.